26 Juli 2013

SELAYANG PANDANG KOTA BENGKULU

Propinsi Bengkulu  terletak di bagian Sumbagsel Pulau sumatera, bentuk topografis dari Bengkulu adalah dataran tinggi dan dataran rendah. Nama Bengkulu diambil dari kisah perang melawan orang Aceh yang datang hendak melamar Putri Gading  Cempaka, yaitu Soak Ratu Agung Raja Sungai Serut Akan tetapi lamaran tersebut ditolak sehingga menimbulkan perang. Suku Soak Dalam, adalah saudara kandung Putri Gading Cempaka yang menggantikan Raja Sungai Serut, saat terjadi peperangan berteriak “Empang ka Hulu-Empang ka hulu”: yang artinya hadang mereka (orang Aceh) jangan biarkan mereka menginjakkkan kakinya ditanah kita . Dari kata tersebut lahirlah kata Bangkahulu atau Bengkulu, bangsa Inggris menyebutkannya dengan Bencoolen.Propinsi Bengkulu yang juga dikenal dengan nama "SANG BUMI RAFFLESIA" adalah salah satu daerah tujuan wisata indonesia yang memiliki keragaman daya tarik wisata. Adapun keunggulan yang dimiliki Propinsi Bengkulu adalah ;
  • Pertama, adalah secara geografis Bengkulu memiliki pantai sepanjang 525 KM dengan sebagian besar wilayahnya adalah Hutan Lindung.
  • Kedua, latar belakang sejarah Bengkulu pernah di singgahi dan diduduki oleh 4 bangsa asing, yaitu Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang.
  • Ketiga, Bengkulu pernah menjadi kota sejarah dari Presiden RI. dimana Bung Karno pada masa itu di asingkan di Kota Bengkulu. beliau menikah dengan wanita asli bengkulu yang kita kenal dengan ibu negara Fatmawati. sehingga ada keterikatan emosionil antara masyarakat bengkulu dengan keluarga Presiden RI I tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar