18 September 2017

Danau tes lebong

danau tes atau bendungan PLTA tes, yang berada di kelurahan tes kecamatan lebong selatan kabupaten lebong provinsi bengkulu, berjarak tempuh 4 jam dari kota bengkulu
Danau Tes merupakan salah satu Objek Wisata Alam yang patur untuk Anda kunjungi ketika berada di Bengkulu. Danau Tes memiliki karakter air yang jernih dan dingin. Semakin menarik ketika dipadupadankan dengan keadaan alam sekitar yang begitu asri dan segar. Tepat sekali menjadi destinasi wisata bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk dan kebisingan kota.
 Potensi Danau Tes didukung dengan pemandangan di sekitar kawasan danau yang terletak di Kecamatan Lebong Selatan. Selain dikelilingi kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Danau Tes juga menyimpan pesona alam yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Sejarah Singkat Berdasarkan dari beberapa informasi, ada sebuah cerita legenda dari masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa Danau Tes ini dulunya adalah aliran dari Sungai Air Ketahun, tapi karena suatu hal akhirnya aliran Sungai tersebut berubah menjadi sebuah danau.
Danau ini terletak di dua wilayah kemasyarakatan (marga), yaitu Marga Jurukalang dan Marga Bermani. Beratus-ratus tahun kemudian kedua marga itu digabungkan dalam satu marga (hingga sistem kemargaan dihilangkan) menjadi Marga Bermani Jurukalang. Wilayah Marga Bermani Jurukalang itu (salah satu asal suku Rejang puak Lebong) membawahi mulai dari Desa Tapus (Topos, desa tertua di Lebong) sampai Desa Turan Lalang. Sekarang secara administratif Marga Bermani Jurukalang terbagi ke dalam dua wilayah kecamatan: yaitu Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kecamatan Lebong Selatan (awalnya hanya wilayah Kecamatan Lebong Selatan).
Danau Tes yang merupakan perut Bioa Ketawen (Air Ketahun) merupakan wilayah sumber mata pencarian penduduk sekitarnya, termasuk sepanjang Air Ketahun yang melintasi Kabupaten Lebong. Di danau itu, masyarakatnya dapat mencari ikan dengan pancing, jala, bubu, jaring, mengacea (mancing di air deras), tajua (pancing yang dipasang malam hari), menyuluak (mencari ikan di malam hari dengan peralatan lampu petromak, tombak ikan bermata tiga (trisula) dan menggunakan perahu) dan sebagainya alat penangkap ikan khusus masyarakat Kotadonok dan sekitarnya.
Bila siang hari, ketika melintas di jalan raya di pinggir Danau Tes, dengan jelas dapat dilihat masyarakat mencari ikan di tengah Danau. Sedangkan yang mencari ikan dengan peralatan kecil, biasanya berada di pinggir-pinggir danau. Di sisi lain, Danau Tes merupakan sarana transportasi air bagi penduduk Kotadonok yang mengolah areal persawahan di kawasan sawah Baten (nama arean pertanian yang terletak diseberang Desa Tes, Taba Anyar, Mubai, dan Turun Tiging). Alat transportasi penduduk ke sawah dengan jarak tempuh sekitar 4 km adalah menggunakan perahu kayu, termasuk untuk mengangkut hasil panen.

cerita rakyat berkembang dengan danau tes yaitu, ular kepala tujuh yang di yakini warga bersarang didalam danau tes hingga saat ini, yang selalu jadi dongeng turun temurun.



 jika anda berminat dapat menghubungi kami
air langkap wisata.
jl.depati payung negara no.67 pagar dewa kec.selebar kota bengkulu 38211
phone/+62736 52781- +62736 5511460
www.airlangkapwisata.com
email : tour.airlangkap@gmail.com 
FB    : air langkap wisata  
IG     : airlangkap wisata    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar