17 April 2009

Masa Berlaku Tiket Elektronik Maupun Manual

Setiap produk memiliki kelemahan masing-masing, tak terkecuali tiket. Dalam penerbangan, tiket elektronik maupun tiket manual (bentuk buku yang ditulis secara manual) mempunyai masa berlaku yang berbeda-beda sesuai dengan kelasnya. Banyak sekali calon penumpang yang belum memahami hal ini.

Sebagai contoh, tiket Mandala Air dengan elektronik tiketnya, dari harga terendah/harga promo sampai pada harga tertinggi mempunyai masa berlaku tiket hingga 6 (enam) bulan. Selama anda belum dengan status sudah check-in tiket tersebut bisa digunakan kembali dalam masa 6 (enam) bulan terhitung date of flown (tanggal terbang).  


Perbedaannya, untuk harga promo yang batal berangkat sebelum 24 jam ataupun setelahnya akan dikenakan charge 100% dari harga dasar ditambah dengan biaya void tiket. Tetapi, tiket promo tidak bisa diuangkan namun bisa digunakan kembali oleh penumpang kapan saja dengan rute yang sama dan dikenakan selisih harga pada saat itu. Sedangkan tiket yang bukan promo, pembatalan sebelum 24 jam hanya akan dikenakan biaya void tiket (administrasi) sesuai dengan ketentuan dari maskapai penerbangan. Pembatalan dalam 24 jam ataupun setelahnya akan dikenakan biaya 50% dari harga dasar tiket tersebut ditambah biaya void, dan bisa diuangkan sesuai dengan prosedur yang berlaku pada maskapai.

Berbeda dengan Maskapai Batavia Air, juga dengan elektronik tiketnya. Untuk harga Promo terdapat pada kelas Z dengan ketentuan sebagai berikut:

Efektif Issued tanggal 15 Januari 2009-UFN kelas Z, apabila perbangan mengalami DELAY yang berkepanjangan tanpa batas waktu, dan penumpang yang memiliki CONNECTING FLIGHT dengan maskapai penerbangan lain maka tiket tersebut tidak dapat diuangkan / dialihkan sehingga penumpang tetap akan diberangkatkan sesuai ketentuan yang di tetapkan oleh pihak BATAVIA AIR, apabila penumpang tersebut tidak jadi terbang, maka tiket diberlakukan VOID HANGUS.


Kami harap kepada agen-agen untuk menyampaikan ketentuan tersebut ke penumpang yang memiliki kelas Z (FIXED DATE, FIXED FLIGHT, NON REFUND, NON REBOOK, NON ENDORS, NON VOID, NON OPEN DATE).


Demikianlah pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.


Tiket yang dapat dipindah tanggal dan diuangkan minimal pada kelas yang masa berlaku setidaknya 3 (tiga) hari. Sama saja dengan yang lainnya, baik tiket elektronik maupun tiket manual, perubahan sebelum 24jam dengan harga yang sama tidak dikenakan biaya, apabila terdapat harga di atasnya akan dikenakan selisih harga pada saat itu.

Oleh karena itu, Travel Agent jarang sekali mau mengeluarkan tiket promo ini terutama untuk kalangan bisnis yang melakukan perjalanan dan sering berpindah-pindah tanggal. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus tiket penumpang yang akan pindah tanggal atau bahkan batal berangkat dan tiket tidak dapat digunakan sama sekali. Namun, bukan berarti kami tidak mengeluarkan tiket promo. Terutama untuk kalangan pedagang pasar atau toko, mereka justru sering melakukan perjalanan dengan harga tiket yang murah/promo karena mereka tidak terikat dan pasti berangkat dengan tanggal yang telah mereka pilih kecuali ada halangan dan mereka juga sudah tahu kondisi tiketnya.

Jadi, jika anda yang memiliki kondisi tiket seperti yang dijelaskan di atas sebaiknya ketahui dulu sebelum membeli. Tidak benar jika mengatakan tiket elektronik tidak bisa di-cancel sama sekali, tergantung kondisi harga tiket yang anda beli.

1 komentar:

  1. Mandala Airlines mengerti keinginan penumpang... Karenanya... semua kelas bisa DIRUBAH / PINDAH TANGGAL hanya saja pemindahan di lakukan selambat2nya 24 jam keberangkatan dan dikenakan Bea rebook sebesar IDR 132.000 + selisih harga ticket dengan harga di tanggal yang baru.
    Untuk pemindahan kurang dari 24 sebelum keberanglata atau batal atau no show di kenakan CF sesuai ketentuan yang berlaku.
    Dan refund diberikan dalam bentuk Credit Shell yang bisa di pakai untuk pembelian ticket mandala selanjutnya dalam jangka waktu6 bulan ke depan....

    BalasHapus