17 September 2008

Tiket Elektronik dan Harga yang Berbeda

Saat ini kalau Anda memesan tiket pesawat di travel agent manapun, kebanyakan maskapai penerbangan akan memberikan tiket elektronik. Anda akan diberi kode tiket dan dapat menukarkannya di kantor perwakilan maskapai dimanapun, atau bahkan di bandara menjelang keberangkatan.

Kalau Anda hendak memesan tiket, misalnya di kantor saya, setelah membayar transaksi dengan mentransfer sejumlah uang, Anda akan mendapatkan kode booking yang dapat Anda tunjukkan di counter penjualan bandara sebelum check in untuk mendapatkan print out elecronic ticket. Transaksi semacam ini lebih menghemat waktu ketimbang harus datang langsung ke travel agent atau kantor perwakilan maskapai.
Kadang, saat melakukan penerbangan Anda merasa heran kenapa harga tiket penumpang lain di sebelah Anda bisa berbeda harga. Bisa lebih murah, bisa pula jauh lebih mahal. Kenapa bisa demikian?

Harga yang bervariasi bisa terjadi karena setiap maskapai menjual tiket dengan harga yang bertingkat dan terbatas. Misalnya, untuk tiket perjalanan Bengkulu - Jakarta dengan harga 300 ribu rupiah hanya tersedia untuk 10 tempat duduk, harga 400 untuk 10 tempat duduk, hingga harga tertinggi misalnya 900 ribu rupiah untuk 20 tempat duduk. Meski harga berbeda, namun semua penumpang di dalam pesawat berada dalam kelas penerbangan yang sama. Jika kebetulan TA tempat Anda memesan tiket bisa booking dengan harga 300 ribu rupiah, Anda kebetulan sedang beruntung dari sepuluh orang yang berhasil mendapatkan harga senilai itu. Jika tiket dengan harga tersebut telah habis, mau tidak mau, maka TA akan memesankan tiket dengan nilai di atasnya sesuai dengan yang ada di sistem online. Demikian seterusnya. Harga-harga tiket ditentukan langsung oleh maskapai penerbagan, bukan dari TA.

Akibat tiket yang dijual secara berkelas itu, maka masing-masing TA akan berpacu waktu untuk mendapatkan tiket dengan harga terendah yang masih tersisa. Namun jika telah habis, maka calon penumpang mau tidak mau hanya mendapatkan tiket dengan harga yang lebih tinggi yang masih tersedia.

Kadang, menjelang keberangkatan maskapai akan menurunkan harga tiket karena masih banyak tempat duduk yang tersedia. Jika Anda sedang beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga murah.

Ada pula tiket yang sudah pasti murah. Istilahnya "tiket promo". Tiket ini biasanya hanya tersedia untuk 10 tempat duduk. Perbedaannya dengan tiket biasa, tiket promo ini hanya berlaku untuk hari keberangkatan. Jika Anda tidak jadi berangkat, maka Anda tidak dapat mendapatkan uang pengembalian atau tidak dapat memindahkan jadwal keberangkatan. Jika tidak berangkat maka tiket dianggap hangus.

Pada tiket biasa, jika Anda tidak jadi berangkat, maka bisa Anda me-refund tiket yang akan dipotong maskapai (biasanya) sebesar 50 persen dari harga pembelian. Demikian pula jika hendak mengubah jadwal, tetap akan dikenakan biaya pembatalan (cancelation fee).

3 komentar:

  1. Just info... tidah semua maskapai memberlakukan ticket promo sebagai ticket fix flight in all condition of flight.... di Mandala.... ticket Promo A clas dan I clas tetap bisa di rebook atau di pindah tanggalkan dengan ketentuan yang berlaku.. makanya..... beli mandala....

    BalasHapus
  2. ya, itu sudah ketentuan dari masing-masaing maskapai ya semacam subsidi silang. Jadi yang pesan jauh-jauh hari bisa dapatkan harga promo, sedangkan yang baru pesan dekat harinya dapat harga yang lebih mahal. Walau kadang-kadang pada masa tertentu harga tiket bisa mahal semua atau murah semua.

    BalasHapus