02 Juni 2017




video

Danau Gedang, Desa Padang Betuah
Kab. Bengkulu Tengah
Prov. Bengkulu
Indonesia

Danau Gedang atau Danau Besar yang berasal dari bahasa Rejang, salah satu suku yang mayoritas ada di Provinsi Bengkulu. Danau Gedang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya desa Padang Betuah yang terletak di jalur lintas barat sumatera. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar lebih kurang 30 menit saja.

Dahulu Danau Gedang berasal dari kubangan kerbau warga sekitar yang konon katanya dari sekian banyak kerbau yang dimiliki akan tetapi tak ada kerbau jantan. Setiap kerbau yang meminum air di danau tersebut akan berkembang biak dengan sendirinya tanpa harus ada kerbau jantannya.

Kata Padang Bertuah berasal dari seorang pendekar Sumatera Barat yang pada masanya singgah ke Danau Gedang ( Danau Besar). Lalu dia menancapkan pedang di tengah danau tersebut dan ditinggal pergi begitu saja dan  hingga sekarang tanah tersebut masih ada di tengah Danau Gedang.

Namun, setelah sekian lama Sang Pendekar pergi tetap saja rindu dengan pedang tersebut dan rasa ingin kembalinya sangatlah besar. Hingga akhirnya Sang Pendekar dari Sumatera Barat tersebut memilih menjemput pedang tersebut kembali ke Danau Gedang ini. Dia menceritakan bahwa pedangnya yang menarik dia untuk menjemput kembali ke Danau Gedang. itulah sebabnya daerah tersebut di kenal dengan Pedang Bertuah, dan hingga saat ini warga sekitar menyebut dengan Padang Bertuah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar